PENGARUH PENERAPAN MODEL VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD SABBIHISMA 1 PADANG

Mutia Octo, Feisah and Muhammad, Sahnan and rieke, alyusfitri (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD SABBIHISMA 1 PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (109kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Value Clarification Technique (VCT) terhadap hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran IPS di SD Sabbihisma 1 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Variabel bebas pada penelitian ini adalah penerapan value calrification technique (VCT) sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar IPS. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh murid kelas V SD sabbihisma 1 Padang yang berjumlah 86 siswa. Sampel pada penelitian adalah siswa kelas V-A dan kelas V-B SD Sabbihisma 1 Padang yang di ambil dengan menggunakan teknik purpose sampling. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah adalah skor hasil belajar IPS ranah kognitif yang dikumpulkan melalui tes objektif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan rumus t-tes yang di dahului dengan uji prasyarat analisis serta uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS antara kelas eksperimen dengan menerapkan model value clarification technique (VCT) dan kelas kontrol dengan menerapkan model konvesional. Hal ini di tunjukkan dengan hasil t-tes yaitu thitung > ttabel, dengan nilai thitung sebesar 1,94 dan nilai ttabel sebesar 1,68 pada taraf nyata signifikan 0,05. Dan rata-rata nilai post test kelas eksperimen sebesar 84,00 lebih baik dari hasil rata-rata nilai post test kelas kontrol yaitu 77,9 dan KKM 75,00. Maka dapat disimpulkan, model pembelajaran value clarification technique (VCT) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa IPS siswa kelas V SD Sabbihisma 1 Padang. Berdasarkan hasil penelitian peneliti menyarankan agar guru dapat menggunakan model pembelajaran value clarification technique (VCT) untuk meningkatkan proses pembelajaran peserta didik. Kata Kunci: Model VCT, Hasil Belajar IPS

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 18 Jul 2023 03:56
Last Modified: 18 Jul 2023 03:56
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14123

Actions (login required)

View Item View Item