Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas VII SMP Negeri 1 Enam Lingkung

Irmayanti, Irmayanti and Fazri, Zuzano and Fauziah, Fauziah (2018) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas VII SMP Negeri 1 Enam Lingkung. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER SKRIPSI.PDF

Download (87kB)
[img] Text
SKRIPSI.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Berdasarkan observasi yang peneliti lakukan di kelas VII SMP Negeri 1 Enam Lingkung terlihat bahwa dalam proses pembelajaran matematika peran guru lebih dominan dibanding siswa, interaksi antara guru dengan siswa maupun siswa dengan siswa kurang terjalin dengan baik, siswa tidak terbiasa mengemukakan pendapat dan bertanya selama proses pembelajaran, banyaknya hasil belajar siswa yang dibawah kriteria ketuntasan minimal. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti melakukan penilitian dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe make a match pada pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa yang pembelajaranya menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Hipotesis penelitian adalah hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan pembelajaran biasa pada siswa kelas VII SMP Negeri1 Enam Lingkung. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Enam Lingkung tahun pelajaran 2017/2018 sebanyak 8 kelas. Sampel dipilih dari populasi setelah diketahui bahwa populasi mempunyai variansi yang homogen dan mempunyai kesamaan rata-rata, dari delapan kelas dipilih dua kelas sampel. Dari dua kelas sampel kelas VII.B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.C sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar pada kelas sampel diperoleh dari tes yang diberikan terdiri atas 5 butir soal berbentuk uraian. Hasil belajar matematika siswa pada kelas eksperimen secara umum mengalami peningkatan. Berdasarkan data hasil belajar siswa pada kedua kelas sampel, setelah dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan rumus t-tes pada taraf kepercayaan 0,05 diperoleh t = 4,013 dan t( , ; ) = 1,682 .Dengan demikiant > t( , ; ) maka hipotesis yang UNIVERSITAS BUNG HATTAii diajukan diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan pembelajaran kooperatif tipe make a match lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan pembelajaran biasa pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Enam Lingkung. Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis mengharapkan guru bidang studi matematika dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada mata pelajaran matematika untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 18 Jul 2023 07:12
Last Modified: 18 Jul 2023 07:12
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14126

Actions (login required)

View Item View Item