PENERAPAN TEKNIK PEMBELAJARAN SPOTLIGHT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 04 KOTO BARU DHARMASRAYA

Sari, Rukmana and Khairudin, Khairudin and Fauziah, Fauziah (2018) PENERAPAN TEKNIK PEMBELAJARAN SPOTLIGHT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 04 KOTO BARU DHARMASRAYA. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER.PDF

Download (83kB)
[img] Text
SKRIPSI.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena hasil belajar matematika siswa yang masih kurang dari nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum). Sesuai dengan latar belakang masalah, proses pembelajaran masih terpusat pada guru sehingga siswa kurang termotivasi, kesulitan mengemukakan pendapat dan bertanya, siswa cendrung menyalin pekerjaan temannya saat latihan, hasil belajar siswa masih banyak dibawah KKM. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan menerapkan pembelajaran teknik Spotlight. Hipotesis penelitian ini adalah proporsi siswa yang mencapai ketuntasan hasil belajar matematika yang pembelajarannya menerapkan teknik Spotlight lebih baik dari proporsi siswa yang mencapai ketuntasan hasil belajar matematika yang pembelajarannya menerapkan pembelajaran biasa di kelas VIII SMP N 04 Koto Baru Dharmasraya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proporsi siswa yang mencapai ketuntasan hasil belajar matematika yang pembelajarannya menerapkan teknik Spotlight lebih tinggi dari proporsi siswa yang mencapai ketuntasan hasil belajar matematika yang pembelajarannya menerapkan pembelajaran biasa di kelas VIII SMP N 04 Koto Baru Dharmasraya. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 04 Koto Baru Dharmasraya tahun pelajaran 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII.1 sebanyak 20 orang siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.2 sebanyak 21 orang siswa sebagai kelas kontrol. Berdasarkan analisis data hasil belajar siswa pada kedua kelas sampel penelitian diperoleh uji hipotesisnya adalah = 6,55 dan dengan = 1, didapat < 0,02, berarti ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, hipotesis yang menyatakan bahwa proporsi hasil belajar UNIVERSITAS BUNG HATTAii matematika siswa yang pembelajarannnya menerapkan teknik Spotlight lebih tinggi dari pada proporsi hasil belajar matematika siswa yang menerapkan pembelajaran biasa pada siswa kelas VIII SMP N 04 Koto Baru Dharmasraya. Maka dapat disimpulkan bahwa proporsi hasil belajar matematika siswa yang menerapkan teknik Spotlight lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang menerapkan pembelajran biasa. Peneliti menyarankan agar guru dapat menggunakan pembelajaran ini sebagai alternatif untuk menjadikan hasil belajar matematika siswa menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 18 Jul 2023 07:20
Last Modified: 18 Jul 2023 07:20
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14128

Actions (login required)

View Item View Item