ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TENTANG STATISTIK DI KELAS XI IPS SMA PEMBANGUNAN LABORATORIUM UNP PADANG

Wiga, Tria Esvira and Rita, Desfitri and NINIWATI, NINIWATI (2018) ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TENTANG STATISTIK DI KELAS XI IPS SMA PEMBANGUNAN LABORATORIUM UNP PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER - BAB I.pdf

Download (409kB)
[img] Text
SKRIPSI.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal tentang statistik di kelas XI IPS SMA Pembangunan Laboratorium UNP Padang, untuk mengetahui apa saja kesalahan yang dilakukan siswa dalam meyelesaikan soal tentang statistik di kelas XI IPS SMA Pembangunan Laboratorium UNP Padang, dan untuk menganalisis faktor yang menyebabkan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal tentang statistik di kelas XI IPS SMA Pembangunan Laboratorium UNP Padang. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan terpilih kelas XI IPS 4 sebagai sampel penelitian. Instrumen penelitian berupa angket, tes, dan wawancara kepada 7 orang siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa masih belum mampu dalam menyelesaikan soal tentang statistika. Dilihat dari nilai tertinggi siswa pada tes yaitu 55 dan terendah 19,17. Kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal tentang statistik yang dikemukanan yaitu kesalahan dalam penulisan rumus statistik dan kesalahan dalam menafsirkan soal. Faktor-faktor yang menyebabkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal tentang statistik yaitu siswa masih belum mampu dalam memahami soal, siswa masih belum mampu dalam memahami konsep statistik, dan siswa yang masih salah dalam penulisan dan penggunaan rumus statistik, faktor lainnya yaitu siswa takut bertanya kepada guru, siswa tidak belajar ketika menghadapi ujian dan siswa terpengaruh dengan temannya. Dari hasil penelitian disarankan agar guru matematika SMA Pembangunan Laboratorium UNP Padang dapat memilih model, metode dan strategi yang tepat sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 18 Jul 2023 07:30
Last Modified: 18 Jul 2023 07:30
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14132

Actions (login required)

View Item View Item