PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN QUESTION STUDENTS HAVE TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IA SMAN 1 SIBERUT SELATAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Kristoporus, Kristoporus and Gusmaweti, Gusmaweti and Nawir, Muhar (2018) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN QUESTION STUDENTS HAVE TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IA SMAN 1 SIBERUT SELATAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (70kB)
[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran Question Students Have terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI SMAN 1 Siberut Selatan. Telah dilakukan penelitian pada bulan April-Mei tentang strategi pembelajaran Question Students Have. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IA SMAN 1 Siberut Selatan sebanyak 3 kelas pada tahun ajaran 2016/2017. Penentuan kelas sampel dilakukan dengan metode purposive sampling sehingga didapatkan kelas eksperimen adalah XI IA1 dan kelas kontrol XI IA2. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata kelas eksperimen 79,11 sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol 73,75. Uji statistik taraf kepercayaan 95% didapatkan t >t (2,7>1,68) dengan materi sistem pencernaan makanan pada manusia dan hewan, maka hipotesis H diterima, terdapat pengaruh hasil belajar penerapan strategi pembelajaran Question Students Have dalam pembelajaran biologi kelas XI IA SMAN 1 Siberut Selatan. Aktivitas bertanya pada penerapan strategi pembelajaran Question Students Have yaitu dengan jumlah persentase 84,82% dengan predikat baik (B), sedangkan pada kelas kontrol 56,25% dengan predikat kurang (D). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, terdapat pengaruh hasil belajar siswa, antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menerapkan strategi pembelajaran Question Students Have pada kelas XI IA SMAN 1 Siberut Selatan. Kata kunci : Strategi Pembelajaran Question Students Have dan Aktivitas Bertanya Siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 20 Jul 2023 03:12
Last Modified: 20 Jul 2023 03:12
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14137

Actions (login required)

View Item View Item