PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS PADA HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 09 AIR PACAH

Nofrina, Nofrina and NINIWATI, NINIWATI and Daswarman, Daswarman (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS PADA HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 09 AIR PACAH. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (780kB)
[img] Text
BAB V-PENUTUP.pdf

Download (205kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions lebih tinggi dari pada proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika yang pembelajarannya menerapkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SDN 09 Air Pacah. Hipotesis dalam penelitian ini adalah proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika yang pembelajarannya menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions lebih tinggi dari proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika yang pembelajarannya menerapkan model konvensional pada siswa kelas IV SDN 09 Air Pacah. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 09Air Pacah tahun pembelajaran 2016/2017 yang terdiri dari 3 kelas. Sampel diambil menggunakan teknik Simple Random Sampling yang dipilih secara acak. Kelas IV B sebagai kelas eksperimen dan kelas IV C sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar diperoleh dengan cara pemberian tes akhir pada kedua kelas sampel yang terdiri dari 25 butir soal objektif. Untuk pengujian hipotesis menggunakan rumus χ2 diperoleh χ2hitung = 4,47 dan χ2tabel = 3,84 sehingga nilai peluang (p) yang diberikan untuk db = 1 diperoleh � (0,02) < p < � (0,05) atau 0,01 < p < 0,025 karena p < 0,05 berarti Ho ditolak dan H1 diterima. Ini artinya proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika yang pembelajarannya menerapkan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division lebih tinggi dari pada proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika yang menerapkan pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Model Student Teams Achievement Divisions, Hasil belaja

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 27 Jul 2023 02:28
Last Modified: 27 Jul 2023 02:28
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14188

Actions (login required)

View Item View Item