PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KEPALA BERNOMOR STRUKTUR TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SD NEGERI 10 PANCUNG SOAL

Nori, Metriani and Pebriyenni, Pebriyenni and Erwinsyah, Satria (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KEPALA BERNOMOR STRUKTUR TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SD NEGERI 10 PANCUNG SOAL. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER - BAB I.pdf

Download (208kB)
[img] Text
BAB V - DP.pdf

Download (157kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Kepala Bernomor Struktur terhadap hasil belajar PKn di kelas IV SD N 10 Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan Sampling Purposive. Instrumen penelitian ini diperoleh melalui panduan observasi dan tes hasil belajar, reliabilitas rumus K-R 21, daya pembeda dan indeks kesukaran. Penelitian ini menunjukkan bahwa, rata-rata hasil tes akhir kelas eksperimen yaitu 79,57, kelas kontrol yaitu 72,05. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilaithitung 1,76>ttabel 1,68. pada taraf nyata α sebesar 0,05 dan dk = 45 dari penilaian t tersebut, thitung < ttabel, yang berarti H0 ditotak dan H1 diterima. Pembelajaran dengan menggunakan model Kepala Bernomor Struktur berpengaruh terhadap hasil belajar PKn siswa kelas IV SD N 10 Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan tahun pelajaran 2016/2017. Kata kunci: Pembelajaran, Kepala Bernomor Struktur. Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 27 Jul 2023 02:35
Last Modified: 27 Jul 2023 02:35
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14189

Actions (login required)

View Item View Item