PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SDN 11 KURAO PAGANG PADANG

Rahma, Mayang Sari and Gusnetti, Gusnetti and Hidayati, Azkiya (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SDN 11 KURAO PAGANG PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (98kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (20kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan membaca pemahaman pada pelajaran Bahasa Indonesia yang menggunakan model scramble kelas V di SDN 11 Kurao Pagang, Padang. Teori pada penelitian ini adalah model pembelajaran scramble yang menggunakan teori Istarani. Variabel dalam penelitian ini adalah model pembelajaran scramble dan kemampuan membaca pemahman. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas V SDN 11 Kurao Pagang, Padang. Dengan teknik pengambilan sampel yaitu teknik purposive sampling dengan mempertimbangkan nilai rata-rata pada kelas V. Kelompok eksperimen yaitu siswa kelas V.A dengan rata-rata 70,2 dan kelompok kontrol yaitu siswa kelas V.B dengan rata-rata 71,8. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan membaca siswa diperoleh melalui tes akhir berupa soal scramble sebanyak 20 butir soal dengan nilai rata-rata untuk kelas eksperimen adalah 79,76 dan kelas kontrol adalah 71,19. Hal ini dibuktikan dari hasil uji-t maka diperoleh thitung adalah 2,46 dan ttabel adalah 1,6838 karena thitung > ttabel maka terima H1 dan tolak H0, artinya hipotesis diterima. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca siswa dengan menggunakan model pembelajaran scramble lebih baik daripada kemampuan membaca siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SDN 11 Kurao Pagang, Padang. Kata kunci : model pembelajaran scramble, kemampuan membaca pemahaman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 27 Jul 2023 03:33
Last Modified: 27 Jul 2023 03:33
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14198

Actions (login required)

View Item View Item