PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM CENTERED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV DI SDN 16 SURAU GADANG KECAMATAN NANGGALO SITEBA PADANG

Ratih, Permata Sari Hardan and Yusrizal, Yusrizal and rieke, alyusfitri (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM CENTERED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV DI SDN 16 SURAU GADANG KECAMATAN NANGGALO SITEBA PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (692kB)
[img] Text
BAB V-DP.pdf

Download (212kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan hasil belajar IPS antara kelompok siswa yang belajar menggunakan model Problem Centered Learning dengan kelompok siswa yang belajar menggunakan pembelajaran Konvensional pada siswa kelas IV SD Negeri 16 Surau Gadang Kecamatan Nanggalo Siteba Padang pada tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 16 Surau Gadang Kecamatan Siteba Padang pada tahun pelejaran 2016/2017. Sebanyak 57 orang siswa dipilih sebagai sampel yang ditentukan dengan teknik random sampling. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah skor hasil belajar IPS ranah kognitif yang dikumpulkan melalui tes objektif. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar IPS siswa antara penerapan model Problem Centered Learning dengan hasil belajar IPS siswa dengan penerapan pembelajaran Konvensional. Hal ini dapat dilihat dari perolehan rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan perolehan rata-rata kelas kontrol (eksperimen = 80,53 > kontrol = 68,10) dan hasil uji hipotesis menggunakan uji-t dengan thitung lebih besar dari ttabel (thitung = 13,65 > ttabel = 1,67). Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Centered Learning memberikan pengaruh yang lebih besar dari pada pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 16 Surau Gadang Kecamatan Nanggalo Siteba Padang. Melihat hasil penelitian ini maka, dari itu diharapkan pada peneliti yang akan datang dan guru yang mengajar untuk dapat menggunakan dan mengambangkan model Problem Centered Learning dalam rangka mencapai hasil belajar yang optimal. Kata-kata kunci: Problem Centered Learning, hasil belajar IPS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 27 Jul 2023 06:36
Last Modified: 27 Jul 2023 06:36
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14204

Actions (login required)

View Item View Item