PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS V SDN 29 ULAK KARANG UTARA PADANG

Rica, Yusta and Sofiani, Sofiani and SISKA, ANGRENI (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS V SDN 29 ULAK KARANG UTARA PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V - PENUTUP.pdf

Download (191kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiperbedaanhasilketerampilanmenulispuisiantarasiswa yang diajardenganmenggunakan model pembelajaranProblem Based Learningdengansiswa yang diajardenganpembelajarankonvensional. Teori yang digunakan adalah keterampilan menulis puisi yang di kemukakan Kosasih (2011) dan model pembelajaran Problem Based Learning di kemukakan oleh Sanjaya (2008). Penelitianinimerupakanpenelitianeksperimen, dengandesainposttest-only control design. Populasipenelitianadalahsiswakelas V SDN 29 UlakKarang Utara Padang TahunPelajaran 2016/2017.Sampelditentukandenganteknikrandom samplingdandiperolehkelasV.asebagaikelompokeksperimendankelasV.bsebagaikelompokkon trol.Data hasilketerampilanmenulispuisisiswadikumpulkandenganmenggunakantesuraian. Data dianalisisdenganmenggunakanteknikanalisisstatistikdanstatistikuji-t. Hasilpenelitianiniditemukanterdapatperbedaan yang signifikanmengenaiketerampilanmenulispuisiantarasiswa yang diajardenganmenggunakan model pembelajaranProblem Based Learning dansiswa yang diajarmenggunakanpembelajarankonvensional.Hasilanalisisnyamenunjukkan t hitung = 1,92dan t tabel = 1,73 untukdb = n1 + n2 – 2 = 33dengantarafnyata0,05. Berdasarkankriteriapengujian, karena t hitung> t tabelmaka H0 ditolakdan Ha diterima.Dengandemikiandapatdisimpulkanbahwa model pembelajaranproblem based learningberpengaruhterhadaphasilbelajarketerampilanmenulispuisisiswa. Kata Kunci:Model Problem Based Learning, keterampilan menulis puisi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 27 Jul 2023 06:42
Last Modified: 27 Jul 2023 06:42
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14205

Actions (login required)

View Item View Item