PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BERTUKAR PASANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III DI SDN 17 LUBUK ALUNG

Senia, Meli Ratmita and Zulfa, Amrina and M., Tamrin (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BERTUKAR PASANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III DI SDN 17 LUBUK ALUNG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (702kB)
[img] Text
BAB V-DP.pdf

Download (194kB)
[img] Text
FUUL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe bertukar pasangan lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran konvensional di kelas III SDN 17 Lubuk Alung. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN 17 Lubuk Alung dengan jumlah 47 orang siswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah posttest-only control design, sedangkan sampel yang digunakan adalah total sampling dan didapatkan kelas IIIB sebagai eksperimen dan kelas IIIA sebagai kontrol. Uji hipotesis dilakukan dengan uji-t, karena data terdistribusi normal dan varians homogen. Hasil belajar tes akhir menunjukkan nilai rata-rata matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe bertukar pasangan dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 78,60 dan nilai rata-rata kelas kontrol 70,66 dengan taraf uji statistik (α = 0,05) diperoleh ������ = 2,25 �� ������ = 1,67 berarti � ����� > ������, maka hipotesis �� diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe bertukar pasangan lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa kelas III SDN 17 Lubuk Alung yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran konvensional pada taraf kepercayaan 95 %. Kata Kunci :Hasil Belajar, Matematika, Bertukar Pasangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 27 Jul 2023 08:41
Last Modified: 27 Jul 2023 08:41
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14211

Actions (login required)

View Item View Item