Sherly, Debora and NURHARMI, NURHARMI and Hendra, Hidayat (2017) ENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) TERHADAP HASIL BELAJAR PKn KELAS IV SD SABBIHISMA TUNGGUL HITAM PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.
|
Text
cover-bab i.pdf Download (474kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V-DP.pdf Download (150kB) | Preview |
|
Text
full teks.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together terhadap hasil belajar PKn siswa kelas IV SD Sabbihisma Tunggul Hitam tahun pelajaran 2016/2017. Hasil belajar PKn siswa yang menggunakan model Numbered Head Together lebih baik dari siswa yang menggunakan metode konvensional. Metode penelitian yaitu eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV sebanyak 57 orang. Dalam hal ini yang menjadi kelas eksperimen yaitu kelas IV A dan kelas kontrol yaitu kelas IV B. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar. Instrumen yang digunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dengan menggunakan program software SPSS versi 17.00. Hasil penelitian menunjukan bahwa menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together 85,71 dan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional memiliki rata-rata hasil belajar 68,96 dan hasil uji hipotesis sebesar 0,041 atau < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Numbered Head Together berpengaruh terhadap pembelajaran PKn siswa dan terdapat perbedaan hasil belajar PKn siswa yang menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together dengan pembelajaran konvensional di kelas IV SD Sabbihisma Tunggul Hitam Padang. Kata kunci : Model NHT, Hasil belajar
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Heltree Ivatureza |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 08:53 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 08:53 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14212 |
Actions (login required)
View Item |