Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Circuit Learning Dalam Pembelajaran TIK Kelas VIII SMP MURNI Padang

Gusmanreti, Zai and Khairudin, Khairudin and ERIL, SYAHMAIDI (2018) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Circuit Learning Dalam Pembelajaran TIK Kelas VIII SMP MURNI Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER.PDF

Download (70kB)
[img] Text
SKRIPSI.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Hasil belajar siswa kelas VIII SMP Murni Padang pada pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) masih banyak yang belum mencapai standar ketuntasan yang ditentukan di SMP Murni Padang. Salah satu upaya yang diperkirakan dapat mengatasi masalah tersebut ialah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Circuit Learning melalui sebuah penelitian. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Melalui penelitian ini dibandingkan hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran Circuit learning dengan hasil belajar siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional pada kelas VIII SMP Murni Padang. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Murni Padang tahun pelajaran 2017/2018. Pemilihan kelas sampel dilakukan dengan random sampling. Setelah melewati uji normalitas, homogenitas, dan kesamaan rata-rata, kelas yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas VIII - A dan kelas kontrol adalah kelas VIII - B. Instrumen yang digunakan ialah tes hasil belajar TIK yang berbentuk soal uraian. Berdasarkan analisis secara statistik (Uji-t), dengan bantuan aplikasi SPSS, terhadap data hasil belajar siswa kelas sampel diperoleh nilai siginifikansi 0,096 > ( = 0,05). Ini berarti hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Circuit Learning sama baik dengan hasil belajar siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional. Selain itu berdasarkan analisis terhadap data peningkatan hasil belajar (indeks gain) siswa kelas sampel diperoleh nilai signifikansi 0,107 > ( = 0,05). Ini berarti peningkatan hasil belajar yang dialami siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Circuit Learning sama baik dari pada peningkatan hasil belajar yang dialami siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Circuit Learning, Pembelajaran Kooperatif, Pretest-Posttest Control Group Design

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 31 Jul 2023 01:55
Last Modified: 31 Jul 2023 01:55
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14251

Actions (login required)

View Item View Item