PENERAPAN MODEL PEMBELAJARANKOOFERATIF TIPE TREFFINGER PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS VDI SD NEGERI 21 LIMAU SUNDAI PESISIR SELATAN

Silvia, Arjulita and Erman, Har and M., Tamrin (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARANKOOFERATIF TIPE TREFFINGER PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS VDI SD NEGERI 21 LIMAU SUNDAI PESISIR SELATAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- DP.pdf

Download (6MB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (216kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan perbedaan hasil belajar IPA dengan menerapkan model Pembelajaran Kooferatif Tipe Treffinger dan hasil belajar siswa dengan metode pembelajaran Konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas V SD Negeri 21 Limau Sundai tahun pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari 2 kelas. Sampel penelitian adalah V.a sebagai kelas eksperimen dan kelas V.b sebagai kelas kontrol yang ditentukan dengan teknik sampel total. Data yang digunakan dalam penelitian adalah skor hasil belajar IPA ranah kognitif yang dikumpulkan melalui tes objektif. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar IPA siswa dengan menerapkan model pembelajaran Treffinger dan hasil belajar siswa dengan metode pembelajaran Konvensional. Hal ini dapat dilihat dari perolehan rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi disbanding dengan perolehan rata-rata kelas kontrol (eksperimen = 80,58 ± 10,8 kontrol = 75,00 ± 8,28) dan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t di peroleh bahwa thitung lebih besar dari ttabel (thitung = 1,85 > ttabel = 1,6767). Maka dapat disimpulkan model pembelajaran Treffinger berbeda dengan hasil pembelajaran model Konvensional terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 21 Limau Sundai. Melihat hasil penelitian ini dengan menerapkan model pembelajaran Treffinger berpengaruh terhadap hasil belajar IPA dan perlu diterapkan serta dikembangkan dalam rangka mencapai hasil belajar yang optimal. Kata kunci : Hasil Belajar IPA, Model Pembelajaran Kooferatif Tipe Treffinger

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 31 Jul 2023 02:26
Last Modified: 31 Jul 2023 02:26
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14255

Actions (login required)

View Item View Item