Pengembangan Modul Pembelajaran Perakitan dan Instalasi Komputer sebagai Sumber Belajar untuk Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Padang

ISRO, AFANDI and Khairudin, Khairudin and Rini, Widyastuti (2018) Pengembangan Modul Pembelajaran Perakitan dan Instalasi Komputer sebagai Sumber Belajar untuk Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (272kB)
[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47MB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk menghasilkan modul perakitan dan instalasi komputer dan mengetahui seberapa layak produk tersebut sebagai sumber belajar untuk SMK kompetensi keahlian teknik komputer jaringan kelas X SMK Muhammadiyah 1 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Desain penelitian yang digunakan mengacu pada model pengembangan Sugiyono. Jenis data yang digunakan adalah kuantitatif Pengumpulan data dilakukan dengan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil produk modul yang telah dikembangkan berupa modul cetak, mencakup materi perakitan komputer. 2) Hasil produk modul dinyatakan valid, praktis dan efektif digunakan menurut hasil validasi dengan persentase 89,39% dan menurut hasil praktikalitas sebagai respon pengguna dinyatakan praktis dengan persentase 83,60% dan hasil efektivitas dengan nilai persentasenya 84,95 sehingga produk yang telah dikembangkan bisa dikatakan valid, praktis dan efektif dan bisa digunakan sebagai sumber belajar dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : Modul , Perakitan dan Instalasi Komputer, Sumber Belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 31 Jul 2023 02:21
Last Modified: 31 Jul 2023 02:21
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14259

Actions (login required)

View Item View Item