PENGARUH METODE PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD SABBIHISMA 01 PADANG

Tri, Safeti Winda and Susi, Herawati and Daswarman, Daswarman (2017) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD SABBIHISMA 01 PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER - BAB I.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (31kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan hasil belajar Matematika pembelajaran konvensional (ceramah) dengan penggunaan metode inkuiri dalam pembelajaran Matematika di kelas IV SD Sabbihisma 01 Padang. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan populasi pada penelitian ini adalah semua siswa kelas IV SD Sabbihisma 01 padang tahun ajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik random sampling. Dengan instumen penelitian yaitu tes uraian. Hasil belajar yang diamati adalah ranah kognitif yang dilihat dari hasil tes akhir penelitian. Hasil belajar pada kelas eksperimen lebih baik dibandingkan hasil belajar pada kelas kontrol, dimana hasil belajar ranah kognitif pada kelas kelas eksperimen (rata-rata 82,67), kelas kontrol (rata-rata 73,54). Hasil belajar matematika siswa pada kedua kelas sampel berdistribusi normal dan bervariansi homogen maka untuk uji hipotesis selanjutnya di olah dengan uji t. Dari hasil analisis data dengan menggunakan uji t, diperoleh ttab el yaitu 2,017. Bila dibandingkan dengan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 31 Jul 2023 04:09
Last Modified: 31 Jul 2023 04:09
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14280

Actions (login required)

View Item View Item