PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DIRECTED READING ACTIVITY (DRA) TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD NEGERI 34 AIR PACAH KOTO TANGAH PADANG

Tri, Wahyu Ningsih and Syofiani, Syofiani and Daswarman, Daswarman (2017) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DIRECTED READING ACTIVITY (DRA) TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD NEGERI 34 AIR PACAH KOTO TANGAH PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (237kB)
[img] Text
BAB V-DP.pdf

Download (140kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif Bahasa Indonesia siswa antara strategi pembelajaran Directed Reading Activity dengan metode konvensional di kelas IV SD Negeri 34 Air Pacah Koto Tangah Padang. Teori yang digunakan di dalam penelitian ini adalah teori yang dikemukakan oleh Susanto (2013) tentang pembelajaran bahasa indonesia dan strategi pembelajaran Directed Reading Activity yang dikemukakan Eanes (2011). Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV A dan IV B dengan jumlah siswa 49 siswa. Penentuan kelas sampel menggunakan total samping. Penentuan kelas ekserimen dan kelas kontrol menggunakan random sampling. Data yang dikumpulkan berupa hasil belajar Bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes. Tes yang digunakan yaitu tes objektif. Data yang didapatkan dari pengujian uji T statistik. Hasil penelitian hasil belajar aspek kognitif Bahasa Indonesia siswa menunjukkan rata-rata skor hasil belajar Bahasa Indonesia pada kelas eksperimen yaitu sebesar 83,54 dan kelas kontrol yaitu 73,4. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t menunjukkan thitung > ttabel, dengan nilai thitung sebesar 2,67 dan nilai ttabel sebesar 2,027 pada taraf nyata signifikan 0,05. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar aspek kognitif Bahasa Indonesia siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil belajar aspek kognitif Bahasa Indonesia siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran Directed Reading Activity lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Directed Reading Activity, Hasil Belaj

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 01 Aug 2023 02:28
Last Modified: 01 Aug 2023 02:28
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14281

Actions (login required)

View Item View Item