PENGARUH PENERAPAN STRATEGI QUANTUM LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 27 SAGO

Trisna, Yance and Zulfa, Amrina and Arlina, Yuza (2017) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI QUANTUM LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 27 SAGO. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER-DP.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (161kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar Matematika siswa dengan menerapkan strategi Quantum Learning, mendeskripsikan hasil belajar Matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional, mendeskripsikan perbedaan hasil belajar Matematika antara siswa penerapan strategi Quantum Learning dengan hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 27 Sago tahun pelajaran 2016/2017. Sebanyak 63 orang siswa dipilih sebagai sampel yang ditentukan dengan teknik random sampling. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah skor hasil belajar Matematika yang dikumpulkan melalui tes objektif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar Matematika siswa antara penerapan strategi Quantum Learning dengan hasil belajar matematika siswa penerapan pembelajaran konvensional. Hal ini dapat dilihat dari perolehan rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan rata-rata kelas kontrol (eksperimen = 72,45 > kontrol = 61,79) dan hasil uji hipotesis menggunakan uji-t, dengan thitung > ttabel (thitung = 2,380 > ttabel =1,66). Maka dapat disimpulkan, strategi Quantum Learning berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 27 Sago. Melihat hasil penelitian ini dengan menerapkan strategi pembelajaran Quantum Learning berpengaruh terhadap hasil belajar pada pembelajaran dan perlu diterapkan dan dikembangkan dalam rangka mencapai hasil belajar yang optimal. Kata kunci: quantum learning, hasil belajar matematika

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 01 Aug 2023 04:16
Last Modified: 01 Aug 2023 04:16
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14342

Actions (login required)

View Item View Item