PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 10 SUNGAI SAPIH KOTA PADANG

Yen, Gusmaneli and Pebriyenni, Pebriyenni and Yulfia, Nora (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 10 SUNGAI SAPIH KOTA PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- DP.pdf

Download (570kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (153kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruh model pembelajarankooperatiftipeMake A Matchterhadaphasilbelajarsiswapadapembelajaran IPS. Jenispenelitianiniadalahpenelitianeksperimen.Populasidalampenelitianiniadalahsel uruhsiswakelas IV SD Negeri 10 Sungai SapihPadang yangberjumlah 167 orang. Sampelpadapenelitianiniadalahsiswakelas IVB Sebagaikelaseksperimendankelas IVC Sebagaikelaskontrol yang carapengambilansampelnyamenggunakan random sampling. Data yang dikumpulkanberupahasilbelajar IPS siswa.Teknikpengumpulan data padapenelitianinimenggunakantes.Tes yang digunakanyaitutesobjektif.Data yang didapatkandaripengujianujistatistik.Hasilpenelitianpadateshasilbelajar IPSsiswamenunjukkanrata-rata skorhasilbelajar IPSpadakelaseksperimenyaitusebesar 84,24danpadakelascontrolyaitu 75,74. Pengujianhipotesismenggunakanuji-t menunjukkanthitung>ttabel, dengannilaithitungsebesar 3,56dannilaittabelsebesar 2 padatarafsignifikan 0,05. Berdasarkanhasilpenelitiantersebutdapatdisimpulkanbahwaterdapatpengaruhhasilb elajar IPS siswakelaseksperimendenganmenggunakan model pembelajaranMake A Match Kata Kunci :HasilBelajar, IPS, Make A Match.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 02 Aug 2023 02:34
Last Modified: 02 Aug 2023 02:34
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14398

Actions (login required)

View Item View Item