PENGARUH MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V DI SDN 23 LUBUK ALUNG

Yola, Pratiwi and Pebriyenni, Pebriyenni and Arlina, Yuza (2017) PENGARUH MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V DI SDN 23 LUBUK ALUNG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (826kB)
[img] Text
BAB V- PENUTUP.pdf

Download (258kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V di SDN 23 Lubuk Alung pada ranah kognitif tingkat pengetahuan (C1) dan pemahaman (C2). Instrumen dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa. Teknik analisisa data dengan mengunakan uji-t. Hasil tes akhir pada kedua kelas sampel berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen sehingga digunakan uji-t untuk pengujian hipotesis dimana harga thitung dibandingkan dengan ttabel dengan dk 41 pada taraf kepercayaan α = 0,05 diperoleh ttabel = 1,68 dan thitung = 1,97. Hal ini berarti thitung > ttabel dimana 1,97 > 1,68 dengan demikian H1 diterima. Berdasarkan analisis data dapat dilihat bahwa siswa kelas ekperimen yang diberi perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) lebih baik hasil belajarnya dengan rata-rata 78,04 dibandingkan kelas kontrol dengan rata-rata 72,75 yang menerapkan pembelajaran konvensional. Untuk itu disarankan kepada guru IPS agar dapat menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Pembelajaran, Games, Tournament

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 02 Aug 2023 02:50
Last Modified: 02 Aug 2023 02:50
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14400

Actions (login required)

View Item View Item