PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DALAM PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV DI SDN 22 SUNGAI LANSEK KABUPATEN SIJUNJUNG

Yolanda, Mayasari and Gusmaweti, Gusmaweti and Ira Rahmayuni, Jusar (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DALAM PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV DI SDN 22 SUNGAI LANSEK KABUPATEN SIJUNJUNG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (712kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (149kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif dan afektif IPA siswa antara model pembelajaran Scramble dengan metode konvensional di kelas IV SDN 22 Sungai Lansek. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian “randomized control group posttest only design”. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 22 Sungai Lansek berjumlah 38 siswa. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IV A dan IV B yang cara pengambilan sampelnya menggunakan total sampling. Data yang dikumpulkan berupa hasil belajar IPA siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes. Tes yang digunakan yaitu tes objektif, dan dilanjutkan dengan uji-t. Hasil penelitian pada tes hasil belajar kognitif IPA siswa menunjukkan rata-rata skor hasil belajar IPA pada kelas eksperimen yaitu sebesar 83,16 dan pada kelas kontrol yaitu 75,26. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t menunjukkan thitung > ttabel, dengan nilai thitung sebesar 4,429 dan nilai ttabel sebesar 1,70 pada taraf nyata signifikan 0,05. Hasil belajar afektif IPA siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu 77,425 dan kelas kontrol 72,315. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t menunjukkan thitung > ttabel, dengan nilai thitung sebesar 2,27 dan nilai ttabel sebesar 1,70 pada taraf nyata signifikan 0,05. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kognitif dan afektif IPA siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil belajar kognitif dan afektif IPA siswa dengan menggunakan model pembelajaran Scramble lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Oleh sebab itu diharapkan kepada guru kelas untuk dapat menggunakan model pembelajaran Scramble sebagai salah satu model dalam pembelajaran IPA di seluruh siswa tingkat sekolah dasar. Kata Kunci: Scramble, Hasil Belajar, IPA

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 02 Aug 2023 03:00
Last Modified: 02 Aug 2023 03:00
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14406

Actions (login required)

View Item View Item