PENGARUH MODEL INSIDE OUTSIDE CIRCLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPS DI SDN 08 SITEBA PADANG

Yuni, Fitrina and Muhammad, Sahnan and M., Tamrin (2017) PENGARUH MODEL INSIDE OUTSIDE CIRCLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPS DI SDN 08 SITEBA PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (107kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (70kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Inside Outside Circle terhadap hasil belajar siswa kelas V pada ranah kognitif pada pembelajaran IPS di SD Negeri 08 Surau Gadang Siteba Padang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen, dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 08 Surau Gadang Siteba Padang tahun pelajaran 2016/2017. Teknik yang dipakai untuk pengambilan sampel adalah teknik total sampling, kelas VB sebagai kelas eksperimen dan kelas VA sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir. Bentuk tes yang digunakan berbentuk objektif dengan reliabilitas tes adalah r11 = 0,85. Teknik analisis data dilakukan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 80,46 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu 74,62. Dari hasil uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel = 2,06 > 2,01. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 08 Surau Gadang Siteba Padang, tahun pelajaran 2016/2017 pada penggunaan model pembelajaran Inside Outside Circle dengan metode pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Hasil Belajar, IPS, Inside Outside Circle.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 02 Aug 2023 03:21
Last Modified: 02 Aug 2023 03:21
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14409

Actions (login required)

View Item View Item