PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MODEL COOPERATIF LEARNINGTIPE MAKE A MATCH DI KELAS IV SDN 02 GADUNG SURIAN KAB. SOLOK

Yusna, Yarni and Zulfa, Amrina and MARSIS, MARSIS (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MODEL COOPERATIF LEARNINGTIPE MAKE A MATCH DI KELAS IV SDN 02 GADUNG SURIAN KAB. SOLOK. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (227kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (146kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 02 Gadung Surian Kabupaten Solok pada pembelajaran Matematika. Nilai Matematika siswa berada dibawah Ketuntasan Minimal yang ditetapkan oleh sekolah yaitu 70. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan hasil pembelajaran matematika dengan model Cooperative Learning tipe Make AMatch pada siswa kelas IV SDN 02 Gadung ?Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikanbahwa model pembelajaranCooperative Learning tipe Make AMatchdapat meningkatkan hasil pembelajaran matematika siswa kelas IV SDN 02 Gadung. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 02 Gadung Surian Kabupaten Solok, yang berjumlah 18 orang. Instrumen penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian setiap siklus meningkat. Pada siklus I presentase ketuntasanhasil belajar siswa 55.5% dan nilai rata-rata siswa 66.66 . Pada siklus IIpresentase ketuntasan hasil belajar siswa 83.3% dan nilai rata-rata siswa 73.25. Berdasarkan presentase ketuntasan dan nilai rata-rata siswa tersebut disimpulkan model Cooperative Learning tipe Make AMatchdapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika.Dari hasil penelitian ini penulis menyarankan guru supaya menerapkan model pembelajaranCooperative Learning tipe Make AMatchdalam pembelajaran Matematika dengan baik dan disesuaikan dengan materi. Kata kunci: Matematika, Make AMatch,Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 02 Aug 2023 03:34
Last Modified: 02 Aug 2023 03:34
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14411

Actions (login required)

View Item View Item