Analisis Penilaian Resiko Ergonomi Menggunakan Metode Rapid Office Strain Assesment (ROSA) Pada Pekerja Balai Teknik Perkeretaapian Kelas II Padang

Doni Pramono, Warsito and Nursyaifi, Yulius (2023) Analisis Penilaian Resiko Ergonomi Menggunakan Metode Rapid Office Strain Assesment (ROSA) Pada Pekerja Balai Teknik Perkeretaapian Kelas II Padang. Diploma thesis, Universita Bung Hatta.

[img] Text
i. Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ii. BAB I.pdf

Download (261kB)
[img] Text
iii. BAB VI & DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (336kB)
[img] Text
iv. Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Dalam penelitian berbicara tentang mengevaluasi risiko kecelakaan dan kesehatan kerja yang terkait dengan musculoskeletal disorders terutama gerakan berulang dari anggota tubuh bagian atas dalam tugas pegawai perkantoran. Penelitian dilakukan di Balai Teknik Perkerataapian Kelas II Padang dengan tingkat kesibukan yang lumayan tinggi. Pengumppulan data dilakukan melalui observasi lapangan dan penyebaran kuisioner kepada pegawai yang bekerja di Balai Teknik Perkeretaapian Kelas II Padang selama tugas kerja dengan kriteria minimal bekerja selama 3 jam berturut turut per hari dengan menggunakan komputer. Selain obeservasi lapangan dan penyebaran kuisiooner penilaian juga dilakukan dengan menggunakan metoda Rapid Office Strain Assessment tool (ROSA) yaitu untuk menilai kegiatan kerja berulang pegawai selama bekerja. Usulan pencegahan resiko difokuskan pada resiko tinggi, risiko sedang dan resiko rendah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Teknik Industri FTI
Date Deposited: 24 Aug 2023 06:42
Last Modified: 24 Aug 2023 06:56
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14764

Actions (login required)

View Item View Item