Strategi Pengembangan Bisnis UMKM Kanagarian Maninjau Menggunakan Matrik IFAS dan EFAS untuk Menyukseskan Program Kemenparegraf (Studi kasus: Usaha Peyek dan Rakik Rinuak.)

Lailatul, Maghfirah and Yesmizarti, Muchtiar (2023) Strategi Pengembangan Bisnis UMKM Kanagarian Maninjau Menggunakan Matrik IFAS dan EFAS untuk Menyukseskan Program Kemenparegraf (Studi kasus: Usaha Peyek dan Rakik Rinuak.). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
cover-dftr isi.pdf

Download (305kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (174kB)
[img] Text
BAB 6.pdf

Download (187kB)
[img] Text
SKRIPSI Lailatul Maghfirah 2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Sesuai dengan program kemenparegraf dalam mendukung usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk menghasilkan produk yang berkualitas dan berkelanjutan, pemberdayaan UMKM, meningkatkan inovasi, adaptasi dan kolaborasi dalam upaya mengembangkan usaha dan mendorong UMKM naik kelas. UMKM Kanagarian Maninjau yang bergerak dibidang makanan/kuliner khas daerah pada keadaanya belum optimal perlu peningkatan agar mampu menjangkau pasar dari lokal menjadi regional. Pada penelitian ini digunakan metode Business Model Canvas (BMC) untuk melihat kondisi usaha sekarang dengan 9 elemen yaitu customer segments, value propositions, channels, customer relation, revenue streams, key resources, key activities, key partners, dan cost structure. Untuk mempertahankan usahanya dianalis juga dari aspek peluang dan ancaman serta kelemahan dan kekuatan yang dimiliki dengan analisis SWOT. Kemudian akan dihasilkan BMC perbaikan dari analisis SWOT untuk menemukan strategi bersaing dan melakukan pengembangan dalam usaha memperluas pemasaran, evaluasi dan perubahan atau penambahan terhadap model bisnis usaha sehingga tercipta model bisnis yang lebih lengkap. Pengembangan produk dengan memunculkan variasi baru tanpa menghilangkan ciri khas. Hal ini dilakukan untuk mendukung maninjau sebagai salah satu daerah wisata yang kulinernya dikenal dengan ciri khas ikan rinuak yang merupakan ikan endemic khas danau maninjau. Menjangkau pasar lebih luas dari yang lokal menjadi regional dengan memanfaatkan sosial media untuk penjualan secara online.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Teknik Industri FTI
Date Deposited: 25 Aug 2023 07:44
Last Modified: 25 Aug 2023 07:44
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14819

Actions (login required)

View Item View Item