PENDEKATAN ARSITEKTUR DESAIN KAWASAN TEPI AIR STUDI KASUS : KAWASAN DANAU SIPIN, KELURAHAN LEGOK KECAMATAN TELANAIPURA KOTA JAMBI

ALGUSRINOF, ALGUSRINOF and Zulherman, Zulherman and Jonny, Wongso (2023) PENDEKATAN ARSITEKTUR DESAIN KAWASAN TEPI AIR STUDI KASUS : KAWASAN DANAU SIPIN, KELURAHAN LEGOK KECAMATAN TELANAIPURA KOTA JAMBI. Masters thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER - BAB I.pdf

Download (812kB)
[img] Text
KESIMPULAN - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (138kB)
[img] Text
THESIS. PENDEKATAN ARSITEKTUR DESAIN #ALGUSRINOF. RESPOSITORY.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Semakin meningkatnya kegiatan pembangunan dan jumlah penduduk menyebabkan penggunaan lahan dikawasan tepi air ikut dimanfaatkan antara lain untuk pengembangan kegiatan industri, pariwisata, komersil, agrobisnis, permukiman, transportasi dan kegiatan lainnya. Pengembanganya kawasan tersebut perlu dikontrol dengan prinsip desain suatu kawasan tepi air yang sesuai dengan karakter fisik kawasan, dampak pengembangannya, permasalahan yang ada. Lokasi penelitian merupakan Kawasan Danau Sipin yang berada di Pusat Kota Jambi. Tepatnya berada di Kelurahan Legok, Kecamatan Danau Sipin, Provinsi Jambi. Menurut pengamatan pada saat ini kawan Danau Sipin mengalami degrasi kualitas ruang arah kawasan kumuh dimana aktivitas hanya bersifat fungsional, yaitu kawasan permukiman penduduk. Tulisan ini pada dasarnya bertujuan untuk mendukung program pemerintah dalam mengembangkan kawasan Danau Sipin menjadi suatu kawasan ekowisata dengan cara melakukan penataan kawasan tepi air di sekitar kawasan Danau Sipin dengan pendekatan dari sisi desain arsitektur yang dilakukan dengan cara penataan kawasan dengan menambah fungsi baru melalui analisa yang akan dikonsepkan melalui karakteristik kawasan, potensi dan permasalahan kawasan Danau Sipin. Penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi dalam memberikan solusi dalam pengembangan Kawasan Tepi Air Danau Sipin. Kata Kunci : Kawasan Tepi Air, Ekowisata, Arsitektur Desain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
Divisions: Program Pascasarjana > Arsitektur
Depositing User: Arsitektur Magister
Date Deposited: 25 Aug 2023 06:04
Last Modified: 25 Aug 2023 06:04
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14838

Actions (login required)

View Item View Item