PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DI SDN 02 PPA KOTA SOLOK

Mirranti, Edriyantri and Yulfia, Nora (2023) PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DI SDN 02 PPA KOTA SOLOK. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER DLL.pdf

Download (491kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (325kB)
[img] Text
FULLTEXT SKRIPSI MIRRANTI EDRIYANTRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa dan guru yang dominan menggunakan metode ceramah pada saat pembelajaran, sehingga aktivitas siswa pada pembelajaran IPS belum sesuai dengan yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V dalam bekerja sama dan mengerjakan proyek pada pembelajaran IPS melalui model pembelajaran Project Based Learning di SDN 02 PPA Kota Solok. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdapat empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 02 PPA Kota Solok yang berjumlah 30 orang yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian dalam dua siklus menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar IPS melalui model pembelajaran Project Based Learning, aktivitas siswa dalam bekerja sama pada siklus I yaitu 55% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 82%, dan aktivitas siswa mengerjakan proyek pada siklus I yaitu 40% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 80%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V pada pembelajaran IPS di SDN 02 PPA Kota Solok.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 28 Aug 2023 02:01
Last Modified: 28 Aug 2023 02:01
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14968

Actions (login required)

View Item View Item