PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VB MELALUI MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DI SDN 24 SALIDO KECIL

Anisa, Fitri Yaumi and Ira, Rahmayuni Jusar (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VB MELALUI MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DI SDN 24 SALIDO KECIL. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
SIMPULAN SARAN.pdf

Download (184kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (498kB)
[img] Text
FULLTEXT SKRIPSI ANISA FITRI YAUMI 19-103.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas VB pada pembelajaran matematika di SDN 24 Salido Kecil. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika dengan menggunakan model realistic mathematics education di kelas VB SDN 24 Salido Kecil. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus, dalam satu siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian siswa kelas VB SDN 24 Salido Kecil yang berjumlah 13 orang siswa, laki-laki berjumlah 3 siswa dan perempuan berjumlah 10 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi kegiatan guru dan tes hasil hasil belajar siswa. Hasil penelitian diperoleh persentase kegiatan guru pada siklus I adalah 73,82% dan meningkat pada siklus II menjadi 88,10%, sedangkan persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I adalah 61,54% dan meningkat pada siklus II menjadi 84,62%. berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan model realistic mathematics educationi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VB SDN 24 Salido Kecil. Peneliti menyarankan agar huru dapat menggunakan model realistic mathematics education dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 28 Aug 2023 05:56
Last Modified: 28 Aug 2023 05:56
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14995

Actions (login required)

View Item View Item