PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MENGGUNAKAN MODEL THINK TALK WRITE (TTW) PADA KELAS V SDN 05 SAWAHAN KOTA PADANG

Adi Saputra, Tarigan and Wirnita, Eska (2023) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MENGGUNAKAN MODEL THINK TALK WRITE (TTW) PADA KELAS V SDN 05 SAWAHAN KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER,HALAMAN PENGESAHAN,ABSTRAK,DAFTARS ISI,BABPENDAHULUAN..pdf

Download (820kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA..pdf

Download (108kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI...pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri 05 Sawahan Kota Padang yang disebabkan pada saat proses pembelajaran guru kurang memotivasi siswa sehingga siswa kurang tertarik untuk membaca. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses peningkatan keterampilan membaca pemahaman menggunakan model Think Talk Write (TTW) dan mendeskripsikan sejauhmana peningkatan hasil nilai keterampilan membaca pemahaman menggunakan model TTW pada kelas V SD Negeri 05 Sawahan Kota Padang. Teori yang digunakan dalam model pembelajaran TTW dikemukakan oleh Shoimin (2016). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan tes akhir. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 05 Sawahan Kota Padang yang berjumlah 27 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar penilaian keterampilan membaca siswa, lembar aktivitas guru, lembar aktivitas siswa. Ketuntasan hasil belajar keterampilan membaca siswa pada siklus I dan siklus II, diperoleh persentase keterampilan membaca pemahaman siswa pada siklus I sebesar 29,62% dengan rata-rata hasil belajar 70 dimana peneliti belum melaksanakan pembelajaran secara maksimal dan belum mencapai indikator keberhasilan, dan meningkat pada siklus II sebesar 81,4% dengan rata-rata hasil belajar 78 dimana siswa mengalami perubahan cara belajar dengan menggunakan model TTW siswa dapat menunjukan kemampuannya dalam membaca pemahaman. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Bahasa Indoensia dalam membaca pemahaman dengan menggunakan model TTW dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri 05 Sawahan Kota Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 29 Aug 2023 03:07
Last Modified: 29 Aug 2023 03:07
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15120

Actions (login required)

View Item View Item