PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN EKSPERIMEN PADA MATERI PANAS DAN PERPINDAHANNYA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD N 35 PAGAMBIRAN KOTA PADANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Annisa, Fujy Amanda and Enjoni, Enjoni (2023) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN EKSPERIMEN PADA MATERI PANAS DAN PERPINDAHANNYA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD N 35 PAGAMBIRAN KOTA PADANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER ANNISA FUJY AMANDA 1910013411197.pdf

Download (795kB)
[img] Text
KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA ANNISA FUJY AMANDA 1910013411197.pdf

Download (189kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL ANNISA FUJY AMANDA 1910013411197.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN EKSPERIMEN PADA MATERI PANAS DAN PERPINDAHANNYA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 35 PAGAMBIRAN KOTA PADANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023 Annisa Fujy Amanda¹, Enjoni¹ ¹Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta E-mail: fujiamandaannisa@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas V di SDN 35 Pagambiran Kota Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan apakah terdapat peningkatan hasil belajar IPA siswa pada ranah kognitif dengan menggunakan metode eksperimen. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V A SDN 35 Pagambiran yang berjumlah 27 Orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan lembar tes hasil belajar siswa. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa persentase pada lembar observasi guru yaitu 70% pada siklus I meningkat menjadi 87,5% pada siklus II. Pada lembar tes hasil belajar siswa, rata-ratanya meningkat dari 77,96 pada siklus I meningkat menjadi 87,74 pada siklus II. Lalu pada persentase ketuntasan hasil belajar siswa yang persentasenya 66,6% pada siklus I meningkat menjadi 85,5% pada siklus II. Hal ini berarti pelaksanaan pembelajaran IPA dengan metode eksperimen telah terlaksana dengan baik dan dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 35 Pagambiran Kota Padang. Berdasarkan hasil penelitian pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode eksperimen dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif variasi untuk menciptakan susana pembelajaran yang menyenangkan. Kata kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran IPA, Metode Eksperimen

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 29 Aug 2023 08:19
Last Modified: 29 Aug 2023 08:19
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15196

Actions (login required)

View Item View Item