PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA DENGAN MODEL MAKE A MATCH KELAS V SD NEGERI 24 UJUNG GUURN PADANG

Andika, Saputra and Ade, Sri Madona (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA DENGAN MODEL MAKE A MATCH KELAS V SD NEGERI 24 UJUNG GUURN PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER DAN HALAMAN PENGESAHAN ANDIKA SAPUTRA.pdf

Download (517kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DFTR PUSTAKA ANDIKA SAPUTRA.pdf

Download (47kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI ANDIKA SAPUTRA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn siswa Kelas V SD Negeri 24 Ujung Gurun Padang. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn siswa kelas V dengan menggunakan model Make A Match. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dilaksanakan dua siklus dengan tahapan PTK yaitu pertama perencanaan, kedua pelaksanaan, ketiga pengamatan, dan yang keempat ada refleksi dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan, siklus 1 dilakukan pada hari senin 13 maret 2023 sampai dengan selasa 14 maret 2023, kemudia siklus II dilakukan pada hari rabu 10 mei 2023 sampai dengan kamis 11 mei 2023. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 24 Ujung Gurun Padang, yang berjumlah 22 orang siswa. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar observasi guru dan lebar tes hasil belajar. Berdasarkan analisis lembar tes hasil belajar persentase siswa yang mencapai ketuntasan hasil belajar pada siklus I ranah kognitif (C1) dari 76,36% dan meningkat pada siklus II menjadi 84,54% dan (C2) dari 55,45% meningkat menjadi 82,72%. Jadi pembelajaran PKn dengan menggunakan model Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn di kelas V SD Negeri 24 Ujung Gurun Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 30 Aug 2023 02:21
Last Modified: 30 Aug 2023 02:21
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15231

Actions (login required)

View Item View Item