Virtual Youtuber “Kizuna Ai” Sebagai Sarana Memperkenalkan Budaya Jepang

Ramayani, Ade and Irma, Irma (2023) Virtual Youtuber “Kizuna Ai” Sebagai Sarana Memperkenalkan Budaya Jepang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (697kB)
[img] Text
PENUTUP.pdf

Download (274kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Salah satu media massa yang sering digunakan dalam mempromosikan kebudayaan adalah YouTube. Dilihat dari berbagai sudut pandang, youtube memiliki potensi yang cukup besar untuk membangun sebuah image/citra suatu bangsa melalui budaya yang mereka miliki. Oleh karena itu, Jepang kemudian melakukan transisi dengan menciptakan sebuah karakter anime yang dapat memperkenalkan budaya Jepang, yang disebut dengan istilah VTuber. Virtual YouTuber merupakan karakter virtual berbentuk 2D maupun 3D yang diadabtasi dari anime dan disebarluaskan menggunakan youtube. VTuber yang dijadikan sebagai alat untuk memperkenalkan budaya Jepang oleh JNTO adalah Kizuna Ai. Kizuna Ai ditunjuk untuk mewakili Jepang dalam mempromosikan budaya yang mereka miliki. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan fungsi VTuber yang digunakan sebagai alat memperkenalkan budaya Jepang melalui tayangan Virtual Vlog Teacher Kizuna Ai. Dalam penelitian ini terdapat 3 teori yang digunakan oleh penulis, yang terdiri dari : Fungsi, Budaya dan YouTube. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi (content analysis) dari Harold D. Lasswell. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumen, yang berarti mengumpulkan data melalui potongan-potongan gambar. Hasil dan kesimpulan dari penelitian ini adalah Fungsi VTuber Kizuna Ai merujuk pada kata “alat/guna” yang dimanfaatkan sebagai sarana dalam memperkenalkan ataupun mempromosikan (komersil) budaya Jepang kepada khalayak umum. Tayangan tersebut terdiri dari 5 vIog dengan tema “Come to lesson" dan dibagikan secara daring oleh pengguna akun Facebook, Tokyo Otaku Mode. Tujuan dari tayangan ini adalah “Come to Japan”, memperkenalkan budaya Jepang seperti kuliner, karakter khas orang Jepang, teknologi, akomodasi, kearifan lokal hingga daerah wisata, untuk menarik minat sejumlah wisatawan asing agar mau berkunjung ke Jepang. KATA KUNCI : JNTO, YouTube, VTuber, Kizuna Ai

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Jepang
Depositing User: SAJE FIB
Date Deposited: 30 Aug 2023 01:44
Last Modified: 30 Aug 2023 01:44
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15253

Actions (login required)

View Item View Item