PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SDN 01 PASAR KUOK BATANG KAPAS

Rahma, Dini Syelfira and Ira, Rahmayuni Jusar (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SDN 01 PASAR KUOK BATANG KAPAS. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (487kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (112kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran Matematika pada kelas V di SDN 01 Pasar Kuok Batang Kapas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran open ended meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika Kelas V SDN 01 Pasar Kuok Batang Kapas. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 01 Pasar Kuok Batang Kapas. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi kegiatan guru dan rubrik penilaian kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan lembar aktivitas guru diperoleh bahwa persentase guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I yaitu: 74,99% meningkat pada siklus II menjadi 94,44%. Berdasarkan rubrik penilaian kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh rata-rata siklus II yaitu: 85,11%. Kemampuan berpikir kritis siswa kelas V pada pembelajaran matematika di SDN 01 Pasar Kuok Batang Kapas meningkat setelah digunakan model open ended. Berdasarkan penelitian ini disarankan kepada guru agaR dapat menggunakan model open ended dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 30 Aug 2023 02:01
Last Modified: 30 Aug 2023 02:01
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15258

Actions (login required)

View Item View Item