PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS I MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI SDN 06 KAMPUNG LAPAI KOTA PADANG

Annisa, Nurrahmah and Syafni, Gustina Sari (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS I MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI SDN 06 KAMPUNG LAPAI KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (442kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika di kelas I A SDN 06 Kampung Lapai, Kota Padang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan dari hasil belajar siswa kelas I A SDN 06 Kampung Lapai, Kota Padang menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I A SDN 06 Kampung Lapai yang berjumlah 29 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada observasi aktivitas guru siklus I dengan rata-rata persentase 70,2% dan meningkat di siklus II menjadi 91,1%. Berdasarkan perolehan persentase ketuntasan siswa di siklus I sebesar 69% dan siklus II sebesar 86%. Sehingga penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika kelas I A SDN 06 Kampung Lapai, Kota Padang Tahun Pelajaran 2022/2023. Berdasarkan penelitian ini, peneliti menyarankan agar guru dapat menjadikan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning menjadi salah satu model yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 30 Aug 2023 01:48
Last Modified: 30 Aug 2023 01:48
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15266

Actions (login required)

View Item View Item