PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP AKTIVITAS DANHASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SDN 13 BALAI KURAI TAJI

Rahma Putri, Dinelsi and Wince, Hendri (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP AKTIVITAS DANHASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SDN 13 BALAI KURAI TAJI. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
cover.pdf

Download (622kB)
[img] Text
Kesimpulan Saran dan Daftar Pustaka.pdf

Download (510kB)
[img] Text
SKRIPSI RAHMA PUTRY DINELSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap aktivitas dan hasil belajar IPA kelas V SDN 13 Balai Kurai Taji. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi adalah seluruh siswa kelas V SDN 13 Balai Kurai Taji yang berjumlah 41 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan cara random sampling. Hasil penelitian menunjukan setiap indikator aktivitas siswa kelas ekperimen lebih tinggi dari indikator aktivitas kelas kontrol .Pada indikator pertama rata-rata kelas ekperimen > kelas kontrol yaitu 55,55 > 41,66. Pada indikator kedua rata-rata kelas ekperimen > kelas kontrol yaitu 53,96 > 36,66 . Pada indikator ketiga rata-rata kelas ekperimen > kelas kontrol yaitu 50,33 > 35. Hasil nilai rata-rata kelas eksperime 84,47 lebih baik dari hasil rata-rata kelas kontrol yaitu 69,2. Pengujian hipotesis menunjukkan t hitung > t tabel, dimana t hitung 3,11 > t tabel 2,02 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dari hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe make a match berpengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 13 Balai Kurai Taji .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 31 Aug 2023 02:32
Last Modified: 31 Aug 2023 02:32
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15372

Actions (login required)

View Item View Item