UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TIPE HOTS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER DI KELAS V SDN 07 GURUN LAWEH

Dina, Afrilia and Zulfa, Amrina (2023) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TIPE HOTS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER DI KELAS V SDN 07 GURUN LAWEH. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
FILE I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FILE II.pdf

Download (193kB)
[img] Text
FILE III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal tipe HOTS pada pembelajaran matematika. Kemampuan berpikir tingkat tinggi penting dimiliki, khususnya bagi siswa sekolah dasar karena kemampuan bertingkat tinggi dapat membantu siswa untuk mengasah logika, dan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dalam menyelesaikan soal-soal tipe HOTS pada pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Treffinger. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 07 Gurun Laweh. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Berdasarkan observasi aktivitas guru saat pembelajaran pada siklus I diperoleh dengan rata-rata presentase 77,5% pada kategori baik dan pada siklus II meningkat dengan rata-rata presentase 86,5% pada kategori sangat baik. Berdasarkan tes kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal tipe HOTS di kelas V SDN 07 Gurun Laweh pada siklus I diperoleh dengan presentase 55,56% dan pada siklus II meningkat menjadi 74,1%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran treffinger pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaiakn soal Tipe HOTS di kelas V SDN 07 Gurun Laweh. Berdasarkan hasil penelitian peneliti menyarankan agar guru dapat menerapkan model pembelajaran Treffinger agar kedepannya dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal tipe HOTS pada pembelajaran Matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 31 Aug 2023 02:22
Last Modified: 31 Aug 2023 02:22
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15380

Actions (login required)

View Item View Item