PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V MENGGUNAKAN MODEL THINK PAIRS SHARE (TPS) DI SD NEGERI 24 UJUNG GURUN KOTA PADANG

Charles, Charles and Risa, Yulisna (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V MENGGUNAKAN MODEL THINK PAIRS SHARE (TPS) DI SD NEGERI 24 UJUNG GURUN KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI DAN BAB PENDAHULUAN CHARLES..pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (53kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI CHARLES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan menulis siswa kelas V Negeri 24 Ujung Gurun, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang yang disebabkan pada saat proses pembelajaran guru kurang memotivasi siswa sehingga siswa kurang tertarik untuk menulis. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses peningkatan kemampuan menulis siswa melalui model Think Pair Share (TPS) dan mendeskripsikan sejauh mana peningkatan nilai hasil belajar kemampuan menulis siswa melalui model pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada siswa kelas V SD Negeri 24 Ujung Gurun, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang. Teori yang digunakan dalam model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dikemukakan oleh Sadijah (2006). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan dan tes akhir. Subjek penelitian ini adalah kelas V SD Negeri 24 Ujung Gurun, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang yang berjumlah 22 orang. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar keterampilan menulis siswa, lembar aktivitas guru, lembar aktivitas siswa. Rata- rata lembar aktivitas guru pada siklus I, 73%, dan rata-rata pada siklus II, 78%, jadi rata-rata lembar aktivitas guru siklus I dan II mengalami kenaikan 5%. Rata-rata lembar aktivitas siswa pada siklus I, 69%, dan rata-rata lembar aktivitas siswa pada siklus II 88%, jadi rata-rata lembar akvitas siswa siklus I dan siklus II mengalami kenaikan 19%. Ketuntasan hasil belajar kemampuan menulis siswa pada siklus I dan II, diperoleh persentase kemampuan menulis siswa pada siklus I sebesar 41% dengan rata-rata hasil belajar 79 dan meningkat pada siklus II sebesar 68% dengan rata-rata hasil belajar 87. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia dalam keterampilan menulis siswa dengan menggunakan model TPS dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa pada kelas V SD Negeri 24 Ujung Gurun, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 31 Aug 2023 02:11
Last Modified: 31 Aug 2023 02:11
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15394

Actions (login required)

View Item View Item