PERAN SEKOLAH DALAM MENYIKAPI PERILAKU BULLYING DI KALANGAN SISWA SMK NEGERI 1 PARIAMAN

Rinto, Nugroho and M., Nursi (2023) PERAN SEKOLAH DALAM MENYIKAPI PERILAKU BULLYING DI KALANGAN SISWA SMK NEGERI 1 PARIAMAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER,HALAMAN PENGESAHAN,ABTRAK,DAFTAR ISI DAN BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (291kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (105kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi karena ada korban yang sampai bunuh diri karena tidak tahan dengan bullying yang dilakukan teman-temannya, adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui sikap sekolah, upaya sekolah dalam membangun kesadaran, upaya sekolah dalam mencegah, tindakan sekolah dalam menindak kasus bullying. Metode penelitian yang diterapkan adalah kualitatif, informasi dikumpulkan melalui pedoman wawancara, dan proses analisis data melibatkan langkah-langkah seperti pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah: Pertama, sikap sekolah terhadap perilaku bullying adalah sangat peduli dan bersikap tegas terhadap perilaku bullying yang terjadi dikalangan siswa yang terbukti dengan adanya kerjasama berbagai elemen dalam menghadapi masalah ini baik internal maupun eksternal termasuk memberikan peringatan terhadap pelaku bullying. Kedua, dalam upaya menanamkan kesadaran siswa tentang bullying, sekolah melakukan berbagai kegiatandanprogramberupa mengikutiprogramantibullying,melakukanprogram sosialiasi berupa seminar dan workshop di sekolah serta dengan memilih duta anti bullying. Ketiga, dalam upaya mencegah perilaku bullying SMK Negeri 1 Pariaman berupaya memantau secara rutin kegiatan siswa melalui wali kelas dan guru BK dan mengidentifikasi tanda-tanda awal bullying. Keempat, dalam upaya sekolah menindak perilaku bullying SMK Negeri 1 Pariaman berupaya melakukan tindakan awal berupa peringatan lalu apabila berlanjut maka sekolah akan memberikan sanksi. Dapat disimpulkan sekolah sangat berperan dalam menyikapi perilaku bullying di kalangan siswa melalui berbagai program dan kegiatan antisipatif dan kuratif baik dengan kerjasama pihak internal maupun kolaborasi dengan pihak eksternal. Di saran kan kepada pihak sekolah sebaiknya lebih menggiatkan lagi akan sosialisasi untuk pencegahan bullying di sekolah serta melatih siswa serta mendidik mereka secara berkala untuk menghilangkan budaya bully. Kata Kunci : Peran sekolah, Perilaku Bullying, Korban, Kedisiplinan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: PPKn FKIP
Date Deposited: 31 Aug 2023 06:40
Last Modified: 31 Aug 2023 06:40
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15426

Actions (login required)

View Item View Item