PENILAIAN RISIKO KERJA OPERATOR PENGADUKAN ADONAN MENGGUNAKAN METODE RULA DI INDUSTRI KECIL MENENGAH (IKM) KERUPUK LADU ARAI PINANG

Irvan, Zulfandi and Ayu Bidiawati JR, S.T., M.Eng, Ayu Bidiawati JR, S.T., M.Eng (2023) PENILAIAN RISIKO KERJA OPERATOR PENGADUKAN ADONAN MENGGUNAKAN METODE RULA DI INDUSTRI KECIL MENENGAH (IKM) KERUPUK LADU ARAI PINANG. Diploma thesis, Fakultas Teknologi Industri.

[img] Text
Cover-Daftar Isi Irvan Zulfandi 1910017311026.pdf

Download (752kB)
[img] Text
BAB I Irvan Zulfandi 1910017311026.pdf

Download (302kB)
[img] Text
Bab 6- Dapus Irvan Zulfandi 1910017311026.pdf

Download (120kB)
[img] Text
Repository Cover - Lampiran Irvan Zulfandi 1910017311026.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Industri kecil menengah merupakan salah satu industri kecil menengah makanan ringan di pariaman yang banyak menghasilkan produk jadi kerupuk ladu. Pada industri tersebut terdapat banyak aktivitas yang tidak ergonomis seperti bekerja dalam waktu yang lama untuk suatu kegiatan, hal ini mengakibatkan beberapa dari pekerja yang mengeluhkan munculnya rasa sakit cidera pada bagian tubuh tertentu. Sehingga untuk memperbaiki hal tersebut dilakukan pendekatan menggunakan Nordic Body Map untuk mengetahui bagian tubuh yang merasakan sakit tersebut dan terbukti hasil penilaian NBM pekerja terdapat 15 dari anggota tubuh yang terasa sakit dan 9 bagian tubuh sangat sakit saat bekerja. Selanjutnya dilakukan menggunakan metode Rapid Upper Limb Assesment untuk mengetahui level resiko dari cidera yang dialami oleh pekerja di IKM ladu arai pinang ini dan diperoleh hasil bahwa penilaian risiko kerja tersebut menunjukan action level 4 dengan maksud diperlukan investigasi dan penanganan dalam waktu dekat untuk mengurangi resiko tersebut. Sehingga untuk mengurangi risiko cidera pada operator pengadukan dilakukan perbaikan postur kerja dengan usulan alat bantu pengadukan adonan untuk memperbaiki postur kerja dari operator dan mengurangi risiko cidera yang terjadi dengan hasil resiko cidera menurun pada action level 1 dan skor tersebut dapat diterima. Kata Kunci : Rapid Upper Limb Assesment, Nordic Body Map, Perbaikan postur kerja operator.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Teknik Industri FTI
Date Deposited: 31 Aug 2023 06:40
Last Modified: 31 Aug 2023 06:40
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15432

Actions (login required)

View Item View Item