ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS XI DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PROGRAM LINEAR DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF DI SMAN 1 BASA AMPEK BALAI TAPAN

Farra, Anjali and Khairudin, Khairudin (2023) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS XI DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PROGRAM LINEAR DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF DI SMAN 1 BASA AMPEK BALAI TAPAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN .pdf

Download (518kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (113kB)
[img] Text
FULL TEXT SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Salah satu kemampuan dasar matematika yang harus dikuasai siswa adalah kemampuan komunikasi matematis. Akan tetapi kemampuan komunikasi matematis siswa masih tergolong rendah. Kemampuan komunikasi matematis sangat penting dimiliki untuk memecahkan masalah, baik bagi siswa dengan karakteristik gaya kognitif Field Dependent (FD) maupun siswa dengan karakteristik gaya kognitif Field Independent (FI). Matematika tidak hanya menjadi alat berpikir yang membantu siswa untuk mengembangkan pola, menyelesaikan masalah, dan menarik kesimpulan tetapi juga sebagai alat untuk mengkomunikasikan pikiran, ide, dan gagasan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan komunikasi matematis siswa yang memiliki gaya kognitif Field Dependent (FD) dan Field Independent (FI) kelas XI SMAN 1 Basa Ampek Balai Tapan. Subjek dalam penelitian ini adalah 35 siswa kelas XI IPA 1 yang di pilih secara purposive sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh dari tes GEFT, tes tertulis, wawancara, dan dokumen. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian kemampuan komunikasi matematis siswa dapat disimpulkan bahwa subjek yang memiliki gaya kognitif Field Independent (FI) memiliki tingkat kemampuan komunikasi matematis lebih tinggi dibandingkan dengan subjek yang memiliki gaya kognitif Field Dependent (FD). Dimana subjek yang memiliki gaya kognitif Field Independent (FI) berada dikategori baik dan kurang baik, sedangkan subjek yang memiliki gaya kognitif Field Dependent (FD) berada dikategori kurang baik dan tidak baik. Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi, Gaya Kognitif, Program Linear.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: PMAT FKIP
Date Deposited: 01 Sep 2023 01:23
Last Modified: 01 Sep 2023 01:23
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15471

Actions (login required)

View Item View Item