PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS SAINTIFIK PADA KELAS IV SDN 29 LUBUK ALUNG

Maulana, Putra M and Wirnita, Eska (2023) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS SAINTIFIK PADA KELAS IV SDN 29 LUBUK ALUNG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
i_COVER,HALAMAN_PENGESAHAN,ABSTRAK,DAFTAR_ISI,dan_BAB_PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ii.BAB KESIMPULANA DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (212kB)
[img] Text
iii.FULL TEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum adanya penggunaan modul pembelajaran berbasis Saintifik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SDN 29 Lubuk Alung pada kelas IV, bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa Modul pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis Saintifik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Pada penelitian ini tahap yang akan dilalui peneliti hanya sampai pada tahap 3, penelitian ini dilakukan pada semester II dan Instrumennya meliputi validasi, lembar praktikalitas, dan uji efektivitas yang dilakukan pada tanggal 13 Juni 2023 di SDN 29 Lubuk Alung. Berdasarkan hasil validasi oleh tim ahli dosen, hasil praktikalitas oleh Guru dan siswa, serta hasil uji efektivitas, dengan rata-rata hasil validitas 87%. Hasil uji praktikalitas modul dari siswa Kelas IVA skala kecil dan Kelas IVB skala terbatas dinyatakan sangat praktis dengan rata-rata persentase praktikalitas 91% dari kelas IVB skala terbatas dan 93,48% dari kelas IVA skala kecil dengan kriteria sangat praktis, serta dari Guru kelas IVA skala kecil dengan kriteria sangat praktis dengan persentase 93% dan dari guru kelas IVB skala terbatas dengan persentase 90,82%. Pada uji efektivitas diperoleh persentase ketuntasan sebesar 79,56% hal ini menunjukan bahwa Modul dengan menggunakan model pembelajaran berbasis Saintifik pada kelas IV SD termasuk kedalam kriteria valid, sangat praktis, dan efektifyang dapat digunakan oleh pendidik dan peserta didik di sekolah SDN 29 Lubuk Alung sebagai tempat peneliti melakukan penelitian, peserta didik dapat belajar dengan mandiri, aktif serta dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. This research was motivated by the absence of the use of scientific-based learning modules in Indonesian subjects at SDN 29 Lubuk Alung in grade IV, aiming to produce teaching materials in the form of scientific-based Indonesian learning modules. The type of research used is development research (Research and Development). In this study, the stage that the researcher will go through is only up to stage 3, this research is carried out in the second semester and the instruments include validation, practicality sheets, and effectiveness tests which will be carried out on June 13, 2023 at SDN 29 Lubuk Alung. Based on the results of validation by a team of expert lecturers, the results of practicality by teachers and students, as well as the results of effectiveness tests, with an average validity result of 87%. The results of the module practicality test from small￾scale IVA Class and limited-scale IVB Class students were declared very practical with an average percentage of practicality of 91% from limited-scale IVB classes and 93.48% from small-scale IVA classes with very practical criteria, as well as from small-scale IVA class teachers with very practical criteria with a percentage of 93% and from limited-scale IVB class teachers with a percentage of 90.82%. In the effectiveness test, a completeness percentage of 79.56% was obtained, this shows that the module using a scientific-based learning model in grade IV elementary school is included in valid, very practical, and effective criteria that can be used by educators and students at SDN 29 Lubuk Alung school as a place for researchers to conduct research, students can learn independently, active and can improve student learning outcomes.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 04 Sep 2023 04:11
Last Modified: 04 Sep 2023 04:11
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15475

Actions (login required)

View Item View Item