PERANCANGAN ALAT PENGONTROLAN BERAT JENIS (BJ) KALSIUM HIDROKSIDA UNTUK MEMISAHKAN INTI DAN CANGKANG PADA PABRIK SAWIT BERBASIS ARDUINO

Ahmad, Lutfi Indra and Mirzazoni, Mirzazoni (2023) PERANCANGAN ALAT PENGONTROLAN BERAT JENIS (BJ) KALSIUM HIDROKSIDA UNTUK MEMISAHKAN INTI DAN CANGKANG PADA PABRIK SAWIT BERBASIS ARDUINO. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
PUSTAKA NO 1.pdf

Download (878kB)
[img] Text
PUSTAKA NO 2.pdf

Download (304kB)
[img] Text
PUSTAKA NO 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pabrik sawit merupakan pabrik vital, produk yang di hasilkan adalah minyak goreng, karnel, sterin . Kelapa sawit (Elais guineensis Jacq) merupakan salah satu komoditas perkebunan yang memiliki peran penting dalam menghasilkan devisa negara melalui minyak sawit dan minyak inti sawit. Karnel merupakan hasil olahan dari biji sawit yang telah dipecah menjadi cangkang dan inti, cangkang sawit digunakan sebagai bahan bakar ketel uap, Sedangkan inti sawit diolah kembali menjadi minyak inti sawit (Palm Kernel Oil). Untuk memisahkan antara inti dan cangkang perlu upaya menaikkan berat jenis air, upaya yang dilakukan adalah mencapurkan air dan calium karbonat. Komposisi berat jenis air karbonat dapat di control agar pemisahan sempurna untuk itu perlu di tambahkan alat pengontrolan berbasis arduino. Sensor yang akan di gunakan pada penelitian ini adalah sensor jarak Ultrasonic HCSR-04, sensor membutuhkan tegangan 5 Volt untuk dapat beroperasi. Sensor ultrasonic HCSR-04 memiliki sepasang tranduser di bagian depan ultrasonik yang berfungsi sebagai transmitterdan receiver. Sensor warna TCS3200 adalah sebuah sensor yang dibangun dengan menggunaan chip sensor TAOS TCS3200 RGB. Sensor warna TCS3200 mampu mendeteksi berbagai jenis warna berdasarkan panjang gelombang, sensor ini membutuhkan tegangan antara 2,7 Volt sampai dengan 5 Volt untuk dapat beroperasi. TCS3200 ini dilengkapi dengan array photodiode dan 4 filter yang berbeda Sensor ini memiliki 16 photodioda. Jadi dari perancangan alat pengontrolan berat jenis air carbonat berbasis arduino dapat di gunakan untuk proses pemisahan inti dan cangkang sawit secara sempurna.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Elektro
Depositing User: Teknik Elektro FTI
Date Deposited: 01 Sep 2023 01:57
Last Modified: 01 Sep 2023 01:57
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15523

Actions (login required)

View Item View Item