PEMEROLEHAN SINTAKSIS PADA ANAK USIA 4 DAN ANAK USIA 5 TAHUN SERTA KAITANNYA DENGAN PERKEMBAGAN BAHASA ANAK

Melia, Febri Ningsih and Gusnetti, Gusnetti (2023) PEMEROLEHAN SINTAKSIS PADA ANAK USIA 4 DAN ANAK USIA 5 TAHUN SERTA KAITANNYA DENGAN PERKEMBAGAN BAHASA ANAK. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVEL DLL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB PENUTUP.pdf

Download (305kB)
[img] Text
FULLTEXT (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Melia Febri Ningsih. Skripsi. “Pemerolehan Sintaksis pada Anak Usia 4 dan Anak Usia 5 Tahun serta Kaitannya dengan Perkembangan Bahasa Anak”. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bung Hatta, Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pemerolehan sintaksis pada anak usia 4 dan anak usia 5 tahun serta kaitannya dengan perkembangan bahasa anak (pandangan behavoirisme) , (2) membandingkan pemerolehan sintaksis anak usia 4 dan anak usia 5 tahun. Teori yang dijadikan acuan penelitian adalah teori yang dikemukakan oleh Chaer pemerolehan bahasa, toeri yang dikemukakan oleh Chaer, Alwi dkk digunakan untuk acuan mengenai bentuk sintaksis serta beberapa teori pendukung lainnya yang berkaitan dengan pemerolehan bahasa dalam bidang sintaksis, dan teori yang dikemukakan oleh Chaer tentang psikolinguistik. Jenis penelitian ini adalah kualitatif metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah anak usia 4 tahun yang bernama Kenzi Nur Khaira dan anak usia 5 tahun yang bernama Muhammad Renji Alfalah yang bertempat tinggal di Anak Air, RT 03, RW O8, Kelurahan Batipuh Panjang, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang. Teknik pengumpulan data dengan cara: (1) pengamatan dengan datang ke rumah Responden, (2) percakapan dengan mengajak Responden berbicara dalam berbagai situasi (3) merekam tuturan yang diujarkan oleh responden dan mentranskipsikan hasil rekaman ke dalam tulisan. Teknik analisis data dilakukan dengan cara : (1) mengidentifikasi ujaran yang dituturkan anak, (2) mengelompokkan data yang telah dikumpulkan sesuai dengan bidang sintaksis, (3) menguraikan data berupa bentuk ujaran berdasarkan bentuk sintaksis dan maknanya, (4) membuat kesimpulan hasil analisis berdasarkan pemerolehan sintaksis anak usia 4 dan anak usia 5 tahun. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian pemerolehan sintaksis anak usai 4 tahun bernama Kenzi Nur Khaira terdapat 77 data meliputi : (1) kalimat, terdapat 33 data yaitu : kalimat tunggal 18 data, kalimat elipsis 7 data, dan kalimat inversi 8 data, (2) klausa, terdapat 17 data yaitu : nominal 4 data, verbal 13 data, (3) frasa, terdapat 27 data yaitu : nominal 14 data, verbal 4 data, numeral 2 data, frasa eksosentris 7 data. Kemudian anak usia 5 tahun bernama Muhammad Renji Alfalah terdapat 84 data meliputi : (1) kalimat, terdapat 33 data yaitu : kalimat tinggal 24 data, kalimat elipsis 8 data, dan kalimat inversi 1 data, (2) klausa, terdapat 19 data yaitu : berbal 19 data, (3) frasa, terdapat 32 data yaitu : nominal 13 data, verbal 8 data, adjektiva 1 data, frasa eksosentris 10 data. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pemerolehan sintaksis anak usia 4 dan anak usia 5 tahun lebih dominan kalimat tunggal, serta kaitannya dengan pandangan behaviorime bahwa pemerolehan bahasa anak dipengaruhi oleh lingkungan sekitar. Perbandingan pemerolehan sintaksis anak usia 4 dan anak usia 5 tahun hampir sama dalam pemerolehan bahasanya. Kata kunci : pemerolehan bahasa, pemerolehan sintaksis, pandangan behaviorime

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: PINDO FKIP
Date Deposited: 01 Sep 2023 08:00
Last Modified: 01 Sep 2023 08:00
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15565

Actions (login required)

View Item View Item