Puji, Ramadhani Sari and Gusmaweti, Gusmaweti (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA SISWA MELALUI METODE INKUIRI TERBIMBING DI KELAS V UPT SDN 13 PANCUNG SOAL KECAMATAN PANCUNG SOAL KABUPATEN PESISIR SELATAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
COVER HALAMAN PENGESAHAN PERSETUJUAN ABSTRAK DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB KESIMPULAN SARAN dan DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (493kB) |
|
Text
FULL TEKS SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di SDN 13 Pancung Soal Kecamatan Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan. Guru kurang bervariasi dalam menggunakan metode pembelajaran pada saat proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan metode Inkuiri Terbimbing di kelas V SDN 13 Pancung Soal Kecamatan Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi dengan jumlah siswa 15 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aspek guru dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) mengalami peningkatan. Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh persentase sebesar 60% dengan rata-rata nilai hasil belajar 72,3 dan siklus II sebesar 86,66% dengan rata-rata nilai hasil belajar 77,66 atau mengalami peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar sebesar 26,66%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa menggunakan metode Inkuiri Terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas kelas V SDN 13 Pancung Soal Kecamatan Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan. Saran dalam pelaksanaan pembelajaran dengan penggunaan metode Inkuiri Terbimbing, siswa diharapkan aktif dalam proses pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran melalui metode Inkuiri Terbimbing, dapat dijadikan salah satu alternatif variasi dalam pelaksanaan pembelajaran. Kata Kunci : Hasil Belajar, Pembelajaran IPA, Metode Pembelajaran Inkuiri Terbimbing
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 04 Sep 2023 04:03 |
Last Modified: | 04 Sep 2023 04:03 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15586 |
Actions (login required)
View Item |