PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS II SDN 05 MUARO PAITI KABUPATEN LIMA PULUH KOTA

Marsha, Hayatillah and Hasnul, Fikri (2023) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS II SDN 05 MUARO PAITI KABUPATEN LIMA PULUH KOTA. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
cover bab 1 Marsha Hayatillah.pdf

Download (839kB)
[img] Text
Kesimpulan, Saran & Daftar Pustaka Marsha Hayatillah.pdf

Download (103kB)
[img] Text
Skripsi Full teks Marsha Hayatillah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca pemahaman dan motivasi peserta didik pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 05 Muaro Paiti Kabupaten Lima Puluh Kota disebabkan kurangnya motivasi siswa dalam belajar sehingga siswa kurang tertarik dalam membaca. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses peningkatan motivasi dan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas II SDN 05 Muaro Paiti, Kabupaten Lima Puluh Kota melalui model Problem Based Learning (PBL). Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah : pendapat Lestari (2019:1) tentang kemampuan membaca pemahaman, Muammar ( 2020:22) tentang motivasi, dan Shoimin (2016:130) tentang model Problem Based Learning (PBL). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri 05 Muaro Paiti Kabupaten Lima Puluh Kota yang berjumlah 8 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes tertulis, lembar observasi dan lembar angket. Prosedur penelitian ini terdiri dari perencanaa tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi tindakan. Hasil angket motivasi siswa pada siklus I dan siklus II, diperoleh presentase motivasi siswa pada siklus I sebesar 62,5% dimana siswa belum termotivasi dan belum mencapai indikator keberhasilan, dan meningkat pada siklus II sebesar 74,69% dimana siswa termotivasi. Ketuntasan hasil belajar kemampuan membaca pemahaman siswa pada siklus I dan siklus II, diperleh presentase kemampuan membaca pemahaman siswa pada siklus I sebesar 71,43% dengan rata-rata hasil belajar 84,29 dimana peneliti belum melaksanakan pembelajaran dengam maksimal dan belum mencapai indikator keberhasilan, dan meningkat pada siklus II sebesar 87,5 dengan rata-rata hasil belajar 91,25 dimana siswa mengalami perubahan cara belajar menggunakan model PBL siswa dapat menunjukkan kemampuannya dalam membaca pemahaman. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan motivasi dan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas II SD Negeri 05 Muaro Paiti Kabupaten Lima Puluh Kota.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 04 Sep 2023 03:45
Last Modified: 04 Sep 2023 03:45
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15601

Actions (login required)

View Item View Item