PENGGUNAAN MEDIA WAYANG KERTAS DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS V DI SDN 17 ENAM LINGKUNG KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Melly, Hendraini and rona, taula Sari (2023) PENGGUNAAN MEDIA WAYANG KERTAS DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS V DI SDN 17 ENAM LINGKUNG KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
cover-4 melli.pdf

Download (303kB)
[img] Text
BAB V-DAPUS melli.pdf

Download (59kB)
[img] Text
MELLY HENDRAINI 19-297.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian iní adalah untuk menjabarkan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui penggunaan media wayang kertas di kelas V SDN 17 Enam Lingkung. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan pada semester I ajaran 2023/2024 di SDN 17 Enam Lingkung. Sabjek Penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 12 orang dengan jumlah siswa laki-laki sebanyak 8 orang dan jumlah siswa perempuannya sebanyak 4 orang. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan tes. Adapun instrument penelitian yang digunakan pada penelitian ini ialah lembar observasi guru dan lembar tes hasil belajar siswa. Teknik analisis data dari penelitian ini ialah analisis data kegiatan guru dan analisis data tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan yang sangat signifikan pada aktivitas guru di siklus I ke siklus ke II yaitu dengan jumlah selisih peningkatan keduanya yaitu sebesar 33%. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata siklus I yaitu 59% lalu meningkat pada siklus 2 denga rata-rata 92%. Selanjutnya pada rata-rata hasil belajar siklus I ke siklus II naik 27 poin yaitu dari 59 menjadi 85, sedangkan pada jumlah persentase ketuntasan peserta didik pada siklus I ke siklus II naik secara signifikan yaitu 59%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 04 Sep 2023 03:05
Last Modified: 04 Sep 2023 03:05
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15660

Actions (login required)

View Item View Item