PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA MATERI PANTUN DENGAN MODEL CONCEPT SENTENCE DI KELAS V SDN 22 MUARA KANDIS PESISIR SELATAN

Anggela, Viona and Azkiya, Hidayati (2023) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA MATERI PANTUN DENGAN MODEL CONCEPT SENTENCE DI KELAS V SDN 22 MUARA KANDIS PESISIR SELATAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
SKRIPSI VIONA ANGGELA 19-140(1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img] Text
cover- bab I VIONA.pdf

Download (541kB)
[img] Text
BAB V- DP VIONA.pdf

Download (144kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman siswa dalam memahami pantun dan tidak bisa mengarang pantun dengan baik. Kurangnya pemahaman terhadap struktur, makna, dan unsur-unsur penting dalam pantun. Akibatnya dapat menghambat kemampuan siswa dalam mengapresiasi serta menghasilkan karya pantun yang kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman pada materi pantun dengan model concept sentence di kelas V SDN 22 Muara Kandis Pesisir Selatan. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 24 orang. Instrumen penelitian ini yang digunakan adalah lembar observasi guru, lembar observasi siswa dan lembar tes hasil belajar siswa. Lembar observasi guru pada siklus I dengan rata-rata persentase 66,6%, terjadi peningkatan pada siklus II dengan rata-rata persentase 84%. Ketuntasan aktivitas siswa pembelajaran Bahasa Indonsesia pada siklus I dengan rata-rata persentase 57,1% meningkat menjadi 75,85% pada siklus II. Hasil tes akhir pada siklus I rata-rata 59 dengan presentase 16,6% terjadi peningkatan rata-rata 78,5 dengan persentase 75% pada siklus II. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi memahami pantun dengan model concept sentence dapat meningkatkan kemampuan memahami pantun siswa kelas V SDN 22 Muara Kandis Pesisir Selatan. Berdasarkan penelitian ini disarankan agar guru dapat menerapkan model concept sentence pada pembelajaran Bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami pantun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 04 Sep 2023 06:27
Last Modified: 04 Sep 2023 06:27
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15691

Actions (login required)

View Item View Item