STRATEGI PENINGKATAN PEMASARAN PRODUK COKELAT PADA UMKM CHOKATO DENGAN METODE ANALISIS SWOT

Alvionita Arman, vio and Dessi Mufti, S.T., M.T, Dessi Mufti, S.T., M.T (2023) STRATEGI PENINGKATAN PEMASARAN PRODUK COKELAT PADA UMKM CHOKATO DENGAN METODE ANALISIS SWOT. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Alvionita Arman FILE 1.pdf

Download (753kB)
[img] Text
Alvionita Arman FILE 2.pdf

Download (224kB)
[img] Text
Skripsi Dibundel OK!.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

UMKM merupakan bagian penting dari perekonomian suatu negara atau daerah, dan Indonesia adalah salah satunya. Usaha mikro kecil dan menengah merupakan salah satu penggerak pertumbuhan ekonomi Indonesia. UMKM akan mampu bertahan dan bersaing jika mampu menerapkan manajemen bisnis yang baik. Pengelolaan umumnya meliputi pemasaran, produksi, sumber daya manusia, keuangan, dan bidang lainnya. Namun pada saat ini masih banyak UMKM yang bermasalah pada pemaasaran produk. Pada penelitian ini bertujuan untuk menganalisis stategi peningkatan pemasaran produk cokelat yang ada di UMKM Chokato dengan melakukan analisa terhadap produk UMKM Chokato. Penelitian ini dapat mengembangkan stategi pemasaran pada UMKM Chokato. UMKM Chokato terletak di Kota Payakumbuh, Kecamatan Payakumbuh Selatan, Kelurahan Kapalo Koto Ampangan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan kuantitatif menggunakan metode analisa SWOT yang menggunakan pengumpulan data seperti wawancara, dokumentasi dan kajian teori. Analisa SWOT terdiri dari empat unsur utama yaitu Strength (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunity (peluang) dan Threats (ancaman). Berdasarkan hasil penelitian, UMKM Chokato dapat menggunakan pemasaran digital dan platform online. Dengan adanya pemasaran digital dan platform online ini akan membuat produk chokato makin dikenal masyarakat luas. Gunakan selera masyarakat yang tinggi terhadap produk untuk mengarahkan kampanye promosi yang menekankan kualitas produk. Kolaborasi dan inovasi yang fokus pada kualitas dan branding dan menyediakan ecommerce hal ini juga dapat mempermudah konsumen mendapatkan informasi mengenai produk UMKM Chokato dan memudahkan konsumen untuk melakukan pemesanan produk. Menerapkan sistem keuangan digital dapat meningkatkan kualitas UMKM agar keuangan tersusun secara rapi dan sistematis. Kata Kunci : strategi pemasaran, analisa SWOT, UMKM

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Teknik Industri FTI
Date Deposited: 04 Sep 2023 09:02
Last Modified: 04 Sep 2023 09:02
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15725

Actions (login required)

View Item View Item