PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA PEMBELAJARAN IPS DI SDN 08 SURAU GADANG PADANG

Syulastriyani.D, Syulastriyani.D and Yulfia, Nora (2023) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA PEMBELAJARAN IPS DI SDN 08 SURAU GADANG PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN PERSETUJUAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (703kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (338kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS melalui model pembelajaran Teams Games Tournament di SDN 08 Surau Gadang Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian adalah perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi tindakan, dan refleksi tindakan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V di SDN 08 Surau Gadang Padang yang berjumlah 28 siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, satu siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan di akhiri dengan tes akhir siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa, persentase aktivitas siswa dalam menjawab pertanyaan pada siklus I yaitu 48,21% meningkat pada siklus II menjadi 76,78%. Persentase aktivitas siswa dalam diskusi kelompok pada siklus I yaitu 58,92% meningkat pada siklus II menjadi 80,35%. Sedangkan hasil belajar siswa aspek kognitif C2 (Pemahaman) diperoleh persentase siklus I yaitu 46,42% dengan rata-rata 63,03 meningkat pada siklus II menjadi 85,71% dengan rata-rata 77,67. Hal ini berarti target indikator dalam penelitian berhasil dicapai. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada mata pembelajaran IPS siswa kelas V SDN 08 Surau Gadang Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 05 Sep 2023 02:56
Last Modified: 05 Sep 2023 02:56
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15744

Actions (login required)

View Item View Item