Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Take And Give Pada Mata Pelajaran IPS di SDN 13 Taratak Kabupaten Sijunjung

Rani, Ruhima and Yulfia, Nora (2023) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Take And Give Pada Mata Pelajaran IPS di SDN 13 Taratak Kabupaten Sijunjung. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER,HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, DAN BAB PENDAHULUAN..pdf

Download (751kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (144kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS melalui model Take and Give di SDN 13 Taratak Kabupaten Sijunjung. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V di SDN 13 Taratak Kabupaten Sijunjung yang berjumlah 14 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat komponen yaitu: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi/pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, satu siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan di akhiri dengan tes akhir siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa, hasil belajar siswa aspek kognitif C1 (Pengetahuan) C2 (pemahaman) diperoleh nilai rata-rata sebesar 70 pada siklus I dengan ketuntasan 50%, meningkat pada siklus II sebesar 80,71 dengan ketuntasan 85,71%. Dan hasil belajar siswa pada aspek afektif A2 (kemampuan menjawab pertanyaan) diperoleh sebesar 50,9 dengan ketuntasan 50% pada siklus I, meningkat menjadi 74,9 pada siklus II dengan ketuntasan 85,71%. Hal ini berarti target indikator dalam penelitian ini berhasil dicapai. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model Take and Give dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas V SDN 13 Taratak Kabupaten Sijunjung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 05 Sep 2023 02:44
Last Modified: 05 Sep 2023 02:44
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15750

Actions (login required)

View Item View Item